PESAN PASTORAL RAPAT KERJA BADAN PEKERJA MAJELIS SINODE GKI

Pada tanggal 1-2 November 2017, kami, BPMS GKI bersama BPMSW GKI SW Jawa Timur, BPMSW GKI SW Jawa Tengah, dan BPMSW GKI SW Jawa Barat berkumpul di Wisma Sejahtera Magelang, dalam rangka Rapat Kerja BPMS GKI.

Dalam Rapat Kerja ini kami menggumuli secara khusus hal-hal yang berkaitan dengan kependetaan GKI, penyempurnaan Pedoman Pelaksanaan Percakapan Gerejawi, isu-isu terkait pengembangan pelayanan tentang perempuan dan perpajakan.

Di bawah ini adalah gagasan utama dari keputusan-keputusan yang diambil dalam raker tersebut, yang kami harapkan mendapat perhatian dan dukungan dari seluruh anggota dan simpatisan GKI.

1. Kependetaan GKI

Kita bersyukur kepada Tuhan atas kemampuan, komitmen dan karakter kader-kader pendeta GKI kali ini secara rata-rata baik. Proses pengambilan keputusan mengenai penempatan kader-kader pendeta pun semakin membaik karena didahului dengan pemetaan prioritas jemaat-jemaat yang membutuhkan kader pendeta oleh BPMSW-BPMSW, dan semangat saling memikirkan kepentingan yang lebih luas.

Di samping itu, pada tahun ini GKI secara bersengaja mempersiapkan kader-kader pendeta untuk bidang-bidang khusus di masa depan. Mereka ditempatkan di Jemaat yang siap memfasilitasi apabila kader mendapatkan kesempatan studi lanjut di luar negeri atau ketika diutus oleh GKI untuk menghadiri pertemuan-pertemuan ekumenis.

Dalam Pendidikan Persiapan Kependetan GKI, kader-kader, perempuan dan laki-laki, telah diperlengkapi untuk menjawab kebutuhan Jemaat-jemaat. Namun kami masih melihat kenyataan adanya kesulitan penempatan kader-kader pendeta perempuan dalam Jemaat GKI. Ini menjadi keprihatinan kita berama.

2. Pedoman Pelaksanaan Percakapan Gerejawi

Dalam raker ini, BPMS dan BPMSW-BPMSW melakukan penyempurnaan Pedoman Pelaksanaan Percakapan Gerejawi, sebagai respons atas masukan-masukan yang sudah diterima dan sebagai upaya peningkatan kualitas percakapan gerejawi dalam Persidangan-Persidangan Majelis Klasis.

3. Pengembangan Pelayanan tentang Perempuan

GKI menggumuli dengan serius upaya pengembangan pelayanan yang berkaitan dengan perempuan. BPMSW-BPMSW diharapkan melakukan kajian-kajan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada perempuan, dalam kaitan dengan keadilan gender.

4. Perpajakan

Berkaitan dengan tanggungjawab kita sebagai warga Negara dalam kaitan dengan pajak, kami menyepakati hal-hal berikut ini :

  1. Dalam rangka melakukan kewajiban pemungutan pajak, gereja wajib memiliki NPWP.
  2. Pendeta wajib memiliki NPWP dan membayar pajak.

Kiranya Tuhan memampukan kita meningkatkan karya dan pelayanan GKI di masa mendatang. Tuhan memberkati.

 

Wisma Sejahtera, 2 November 2017

 

Tim perumus:

  1. Pdt. Untari Setyowati (BPMS GKI)
  2. Pdt. Florida Rambu Bangi Roni (BPMSW GKI SW Jatim)
  3. Pdt. Henny Yulianti (BPMSW GKI SW Jateng)
  4. Pdt. Timur Citra Sari (BPMSW GKI SW Jabar)

Untuk informasi lebih lanjut khususnya mengenai kegiatan sinodal, kunjungilah situs GKI dengan alamat www.sinodegki.org

 

BPMS GKI