PESAN PASTORAL

Pada tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2018, kami, BPMS GKI bersama BPMSW GKI SW Jawa Timur, BPMSW GKI SW Jawa Tengah, dan BPMSW GKI SW Jawa Barat berkumpul di GKI Samanhudi Jakarta, dalam rangka Rapat Kerja BPMS GKI.

Dalam Rapat Kerja ini kami menggumuli secara khusus hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program BPMS GKI 2017-2018 dan rencana program BPMS GKI 2018-2019, ceramah pelintiran kebencian, dan perjamuan kudus yang melibatkan anak.

Di bawah ini adalah gagasan utama dari keputusan-keputusan yang diambil dalam raker tersebut, yang kami harapkan mendapat perhatian dan dukungan dari seluruh anggota dan simpatisan GKI.

  1. Program BPMS GKI

Peserta Rapat Kerja menerima laporan BPMS tentang pelaksanaan program BPMS GKI 2017-2018 dan menetapkan programBPMS GKI 2018-2019. Kita bersyukur karena 80% Program BPMS terlaksana dengan efektif dan efisien, serta pemenuhan anggaran BPMS dilakukan dalam semangat kebersamaan, bersama dengan BPMSW-BPMSW GKI.

  1. Pelintiran Kebencian

Dalam raker ini, kami menggumuli tentang situasi berbangsa dan bernegara melalui ceramah tentang “Pelintiran Kebencian” yang disampaikan oleh Pdt. Albertus Patty. Setelah melakukan diskusi, kami menyepakati hal-hal berikut ini :

        2.1 Sekolah-sekolah yang ada dalam lingkup GKI perlu menempatkan pokok tentang pluralisme sebagai materi pembelajaran.
        2.2 Mendorong simpatian dan anggota GKI untuk terus mengembangkan relasi dengan berbagai kelompok yang berbeda.
        2.3 Membangun kepercayaan diri untuk menghadapi isu-isu intoleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
        2.4 Mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dalam menyebarluaskan narasi yang menyejukkan sebagai counter narasi negatif dan                bermusuhan yang beredar di masyarakat.

  1. Perjamuan Kudus Yang Melibatkan Anak

Dalam raker ini juga, kami menggumuli Perjamuan Kudus Yang Melibatkan Anak. Kami sepakat bahwa : Sakramen adalah identitas partikural GKI, sehingga semua lingkup GKI harus memiliki pemahaman dan praktik yang sama. Oleh sebab itu raker menugasi BPMS membuat tim untuk mengadakan studi komprehensif tentang Perjamuan Kudus Yang Melibatkan Anak. Hasil kajian tim tersebut akan menjadi materi PMS GKI 2018.

Kiranya Tuhan memampukan kita dan meningkatkan karya dan pelayanan GKI di masa mendatang. Tuhan memberkati.

 

GKI Samanhudi Jakarta, 2 Maret 2018

Tim perumus :

  1. Pdt. Untari Setyowati (BPMS GKI)
  2. Pdt. Timotius Wibowo (BPMSW GKI SW Jatim)
  3. Pdt. Lithos Sitorus Pane (BPMSW GKI SW Jateng)
  4. Pnt. Agus Satyakrama (BPMSW GKI SW Jabar)

Untuk informasi lebih lanjut khususnya mengenai kegiatan sinodal, kunjungilah situs GKI dengan alamat www.sinodegki.org

 

Badan Pekerja Majelis Sinode GKI

Pdt. Budi Cahyono Sugeng (Ketua) - Pdt. Arliyanus Larosa (Sekretaris Umum)