AKU CINTA INDONESIA

Yeremia 29 : 4-7

Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. Yeremia 29 : 7

 

Asian Games Ke-18 telah selesai diselenggarakan di 2 kota di Indonesia, Jakarta dan Palembang. Banyak cerita manis dibalik penyelenggaraan pesta olah raga terbesar di Asia ini. Indonesia dipuji oleh berbagai media asing karena berhasil mejadi tuan rumah yang baik. Upacara pembukaan yang dikemas dengan sangat spektakuler, cerita para atlet yang merasa nyaman berjumpa dengan keramahan orang Indonesia dan akhirnya pesta olahraga ini ditutup dengan tidak kalah menariknya. Namun yang paling membanggakan adalah perjuangan para atlet Indonesia untuk memperoleh medali. Para atlet berjuang hingga akhirnya target emas dapat terlampaui. Apa yang ditunjukkan oleh para atlet adalah bentuk kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara ini. Bentuk kecintaan itu ditunjukkan dalam bentuk olahraga yang mereka tekuni.

“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu” (Yeremia 29 : 7). Ini merupakan sebagian isi surat yang dikirim Nabi Yeremia kepada rakyat Yehuda di negeri pembuangan. Melalu surat ini, Yeremia ingin mengatakan bahwa apa yang dialami oleh bangsa Yehuda di Babel merupakan bagian dari rencana Allah. Oleh karena itu, selama dimasa pembuangan, rakyat Yehuda diminta untuk bersikap baik. Mereka harus turut andil dalam mensejahterakan kota dengan cara mau bekerja. Selain bekerja, rakyat Yehuda juga diminta untuk mendoakan kota tempat mereka dibuang. Jika nanti di kota itu orang hidup dengan sejahtera, adil, makmur, maka orang-orang Yehuda yang tinggal di negeri Babel juga akan merasakan kesejahteraan.

Saudara, kita mestinya bersyukur karena hidup merdeka di negeri Indonesia, bukan di negeri buangan. Tuhan telah melimpahkan berkat sumber daya yang besar untuk bangsa kita. Karena itu, dengan berbagai upaya dan doa, kita harus terlibat aktif mewujudkan kesejahteraan Indonesia. Jika para atlet menunjukkan kecintaan mereka melalui prestasi olahraga, maka kita pun diminta untuk menunjukkan rasa kecintaan kita dengan cara kita sendiri. Cari dan temukan tindakan konkret apa yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Indonesia.

TPG. Ishak Boty Buifena